Sarahdevina's Blog

Juni 4, 2010

Hal-hal yang Membatalkan Shalat

Filed under: Uncategorized — sarahdevina @ 9:54 am

Hi all…

Pernah liat ga orang yang melangkah pas lg shalat? Ternyata shalatnya tetap sah lo.. tp dengan ketentuan tertentu..

Nah ini ada beberapa hal-hal yang bisa membatalkan shalat:

1. Berkata dengan sengaja

Jika ada seseorang yang mengerjakan shalat kemudian berkata-kata dengan sengaja baik perkataan itu ada kaitannya dengan shalat maupun tidak walaupun hanya satu kata maka shalatnya batal. Jadi dalam shalat itu tidak patut dicampuri oleh perkataan manusia, shalat semata-mata hanya berisikan tasbih, takbir, dan pembacaan Al Qur’an.

2. Bergerak-gerak yang banyak dengan sengaja

Perbuatan yang tidak termasuk dalam pekerjaan shalat (seperti melangkah) jika banyak dan dilakukan berulang-ulang serta berturut-turut seperti melangkah tiga kali (tiga langkah) dengan berturut-turut. Jadi jika tidak berturut-turut, seperti melangkah, kmudian berhenti, lalu melangkah lagi selangkah atau dua langkah secara terpisah maka tidak membatalkan shalat. Adapun gerakan-gerakan yang dianggap ringan seperti menggerak-gerakkan jari-jari utnuk menghitung bacaan tasbih atau menggaruk-garuk karena gatal maka tidak membatalkan shalat, walaupun dilakukan secara berturut-turut hanya makruh hukumnya.

Kemudian kalau ada kepentingan lain yang memaksa seperti dalam peperangan, adanya kalajengking atau ular yang akan menggigit lalu menbunuhnya, maka gerakan yang banyak dan berturut-turut itu tidak membatalkan shalatnya.

3. Berhadast

Hadast itu membatalkan shalat, baik hadast kecil atau besar, baik itu sengaja ataupun tidak.

4. Terkena najis yang tidak dimaafkan

Kalau najis yg bisa dimaafkan (ma’fu) seperti adanya  darah nyamuk maka tidak batal shalatnya.

5. Berubah niatnya

Apabila seseorang memutuskan niatnya untuk meniggalkan shalat, maka batal shalatnya, walaupun secara lahiriyah ia masih tetap melaksankannya.

6. Terbuka auratnya

Apabila terbuka auratnya karena ada angin kemudian kainnya itu segera dikembalikan dengan seketika maka tidak batal shalatnya

7. Membelakangi kiblat

Kecuali shalatul khauf (shalat dalam peperangan) yang keadaan perang sudah gawat / berkecamuk

8. Makan dengan sengaja

Ya iyalah, masa lg shalat makan ya, tapii.. kalau makannya tidak disengaja atau lupa atau belum mengetahui bahwa makan membatalkan shalat (bagi yang baru masuk islam) maka tidak membatalkan shalat; demikian juga kalu terdapat diantara gigi-giginya suatu makanan kurang dari besra anak kacang lalu ditelannya maka tidak membatalkan shalatnya.

9. Minum dengan sengaja

10. Tertawa

Tertawa yang dimaksud adalah tertawa yang nyata atau jelas sperti mengucapkan dua buah huruf “ha”. Adapun tersenyum didalam shalat itu tidak membatalkan shalat.

Kemudia apabila kita tidak dapat menahan tertawa, jika hanya sedikit dan tidak jelas bunyinya tidak batal shalatnya, tapi jika banyak dan kedengaran dengan jelas maka denga alasa apapun tetap batal shalatnya.

11.Murtad, keluar dari islam

Apabila ada orang yang sedang shalat, kemudia ia berketetapan untuk keluar dari agama islam maka seketika itu juga batllah shalatnya, karena shalat itu sah hanya dilakukan oleh orang islam.

Sumber:

Shabir, M. (1978). “Bimbingan shalat”. Semarang: Mujahiddin

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: