Sarahdevina's Blog

Juni 4, 2010

Drill & Practice dalam CAI

Filed under: Uncategorized — sarahdevina @ 9:40 am

I. CAI (Computer-Assisted instruction)

Pembelajaran dengan bantuan komputer (CAI) adalah software yang dapat digunakan sendiri atau digunakan bersama dengan sistem instruksional lain. Perangkat lunak yang digunakan berfungsi untuk membantu proses pembelajaran. Manfaat komputer meliputi penyajian informasi, isi materi pelajaran dan latihan atau kombinasinya.
Menurut Herman D Surjono (1999), istilah CAI (Computer-Assisted Instruction) umumnya menunjuk pada semua software pendidikan yang diakses melalui komputer di mana anak didik dapat berinteraksi dengannya. Sistem komputer menyajikan serangkaian program pengajaran kepada anak didik baik berupa informasi maupun latihan soal-soal untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu dan pebelajar melakukan aktivitas belajar dengan cara berinteraksi dengan sistem komputer.

Criswell (dalam ivannugraha.blog.upi.edu: 2009) mendefinisikan CAI (Computer Assisted Instruction) sebagai penggunaan komputer dalam menyampaikan bahan pengajaran dengan melibatkan peserta didik secara aktif serta membolehkan umpan balik.

Hannafin dan peck mengklasifikasikan model program CAI menjadi 4 model,yakni: (1) drill and practice, (2) tutorials, (3) simulasi, dan (4) instructional games games (Michael J.hannafin and Kyle L.Peck : 1988).Model program CAI ini selaras dengan pengklasifikasian yang dilakukan Budiardjo, yang menyatakan bahwa jenis aplikasi CAI yang menarik meliputi : (1) latih dan praktek (drill and practice), (2) penjelasan (tutorial), (3)simulasi, dan (4)permainan.
Lockard dan kawan-kawan menjelaskan bahwa beberapa format CAI yang digunakan sampai saat ini meliputi : (1)drill and practice, (2)tutorials,(3)simulations,(4) instructional games,dan(5) problem solving (James Lockard,Peter D.Abrams and Weslwy A. Many : 1990)

II. Drill and Practice

1. Pengertian

Patrick Suppens dan Richard Atkinson merupakan orang pertama yang menggunakan program CAI format drill  and   practice untuk bidang aritmatika dan membaca. Program  CAI  format   drill  and   practice terdiri   dari  serangkaian soal-soal latihan guna meningkatkan keterampilan dan kecepatan berfikir pada materi ajar tertentu, misalnya materi ajar yang terkait dengan matematika dan bahasa asing. Sebelum mengerjakan program drill and practice, siswa dianggap telah mempelajari materi pelajaran. Meskipun programnya sederhana, namun aspek-aspek umpan balik dan penilaian harus ada. Bentuk soal latihan dapat berupa pilihan ganda, mengisi, atau benar-salah.

Drill and practice adalah CAI yang memiliki tipe repetitive (diulang-ulang) yang fungsi utamanya untuk melatih memori. Sehingga tujuan utama program DRILL & PRACTICE  adalah:

1. Mendalami ketrampilan atau knowledge yg sudah ada dgn tugas berulang

2. Tidak untuk mengajari skill atau pengetahuan yang baru

2. Ciri-Ciri Drill and Practice

1.  Perencanaan, yaitu siswa dianggap sudah mengetahui teori yg mendasari keterampilan itu serta mengetahui cara atau prosedur mengerjakannya. Jadi dalam Drill &
Practice tidak ada bagian penjelasan.

2.   Implementasi, yaitu siswa bisa menyesuaikan tingkat kesulitannya, gunakan aktivitas yang singkat, gunakan prinsip kompetisi

3.   Evaluais, yaitu siswa dapat mengetahui kemampuannya dengan melihat nilai akhir.

3. Tujuan Drill & Practice

Setelah menjalankan program Drill & Practice ini siswa akan lebih terampil, cepat, dan tepat dalam melakukan suatu keterampilan. Misalnya keterampilan mengetik, atau menjawab soal hitungan.

4. Isi Drill & Practice

Yang ada dalam drill & practice hanya sejumlah soal atau pertanyaan dan “feedback.” Soal atau pertanyaan-pertanyaan tersebut diberikan dalam suatu urutan atau alur (“sequence”) tertentu:

“Mudah – sulit ? à siswa menjawab à dinilai & feedback : benar – salah à pertanyaan berikutnya à nilai”

5. Variabel yang “diterapkan”

Adapun variable-variabel yang diterapkan dalam program drill and practice antara lain adalah:

1. Tingkat kesulitan ini atau materi

2. kecepatan dalam menjawab soa

6. Kelebihan dan kekurangan

Adapun kelebihan dari program drill & practice anatar lain adalah :  Interaktif,  Umpan balik langsung, penyimpanan data, kesabaran,  motivasi melalui kompetisi yakni dengan siswa lain dan dengan waktu.

Dan kelemahan dari program drill & practice sendiri adalah feedback  yang umumnya hanyalah dalam bentuk “benar” dan “salah”, tidak ada penjelasan mengenai yang jawaban yang benar, ataupun dimana letak kesalahan.  Dan Umumnya kontrol yang dimiliki siswa sangat terbatas. Ia hanya dapat memilih tingkat kesulitan materi, sedangkan alur dari penyajian isi di kontrol oleh system

Sumber:

Herman Dwi Surjono (a). (1995). ”Pengembangan computer assisted instruction (CAI) untuk pembelajaran elektronika [Versi elektronik]”. Jurnal Kependidikan. No.2 (XXV): 95-106.

Herman Dwi Surjono (b). (1999). ”Pengembangan program CAI dengan strategi remediasi kesalahan [Versi elektronik]”. Jurnal Kependidikan. I (XXIX): 45-58.

Clark,R. (1983). “Reconsidering Research On Learning From Media”. Review of educational Research, 53(4), 445-549

Seminar, B.K., dkk.(2003) “Penggunaan Animasi dan Multimedia dalam SoftwarePembelajaran” . Majalah Ilmu-Ilmu Komputer.Vol 1. No 1. 26-38. Jakarta : Elex media Computindo

Nugroho, W. (2008) “Penerapan Manajemen Ilmu Pengetahuan dalam penyelenggaraan manasik haji”. widyo@staff.gunadarma.ac.id,

www.bsacomunity.com

Gifa, L (2010). ”Model Pebelajaran CAI dan penerapannya di sekolah SD”.  www.GifaLyta.wordpress.com

1 Komentar »

  1. asw, artikelnya menarik. ada buku yang lebih spesifik membahas mengenai model CAI?

    Komentar oleh windy — Oktober 31, 2010 @ 7:34 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: