Sarahdevina's Blog

Juni 3, 2010

Pempek Palembang

Filed under: Uncategorized — sarahdevina @ 1:10 pm

Halooo… siapa yg suka pempek Palembang?????? Wuiihhh aku paling sukaa.. \\ (^.^)//…. cukanya yg pedess, rasa ikannya,.. nyummyyiii…. Tp ada yang tau seluk beluknya ga??? hehe.. berikut penjelasannya

Nih dia sejarahnya…

Berdasar cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang “apek” berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. Hasil tangkapan itu belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Si Apek kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan “pek … apek”, maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek.

Cara pembuatan pempek

Nah.. buat yg pengen nyoba buat, gampang kok, nih..

Bahan:
1 Cangkir (1 bagian) Ikan Tenggiri Giling
1 Cangkir (1 bagian)� Air putih
Garam secukupnya
2 sdm minyak goreng
Tepung kanji secukupnya
Saus Cuko:
1 kg gula merah yang bagus,potong-potong
cabai rawit sesuai selera
200 g bawang putih
3 sdm cuka putih/air asam/air jeruk nipis
garam secukupnya
2 liter air

Cara Membuat:

  Campur ikan giling dengan air dan garam hingga benar-benar larut dan cukup asinnya.

  Tambahkan tepung kanji secukupnya sampai adonan bisa diuleni (banyak sedikit tepung kanji tergantung pada kekenyalan yang diinginkan). Jika suka yang kenyal bisa dipakai lebih banyak.

  Adonan pempek palembang siap dibentuk sesuai selera. Untuk pempek kapal selam, ambil adonan secukupnya, bentuk seperti mangkuk, isi dengan telur ayam mentah lalu rekatkan agar tidak bocor.

  Rebus dalam air mendidih dengan api sedang hingga mengapung. Angkat, tiriskan. Masukkan dalam air dingin.

  Untuk pempek lenjer, bentuk� adonan seperti silinder dan rebus sampai mengambang kemudian angkat dan masukkian dalam air dingin.

  Untuk andaan, ambil adonan secukupnya, tambahkan sedikit bawang goreng atau daun bawang iris seta telur, aduk rata.

  Bentuk adonan menjadi bola-bola dan goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga mengapung dan matang.
Saus Cuka:

  Masak gula merah bersama air secukupnya hingga larut.

  Haluskan bawnag putih dan cabai rawit lalu tambahkan ke dalam rebusan gula dan didihkan.

  Masukkan cuka dan garam. Rebus dengan api kecil selama 1 jam hingga agak kental. Angkat dan saring.

  Sajikan pempek palembang dengan ebi yang dihaluskan.

Catatan:

  • Pilih ikan tenggiri yang segar dan ambil dagingnya lalu haluskan hingga serabut-serabut putih dari dagingnya terangkat.
  • Untuk resep tradisional ini, ukur daging tenggiri halus dalam wadah atau mangkuk. Kemudian tambahkan air sebanyak ukuran daging ikannya (misal, jika setengah mangkuk ikannya, air yang dipakai setengah mangkuk juga).
  • Jumlah tepung kanji yang dipakai disesuaikan dengan tingkat kekenyalan pempek palembang yang diinginkan. Makin banyak kanji akan makin kenyal atau keras.
  • Secara tradisional pempek palembang disajikan tanpa mi kuning.

Rekomendasi tempat jualan pempek yg enyak!!

1. PEMPEK KURNIA, di TOMANG,

2. Pempek Palembang Cik EMMA,

Jl.Meruya Utara No.46 samping Gedung Telkomsel Meruya, Jakarta Barat.

3. Pempek depan Blok S,

Jl.Suryo, persis depan Lapangan Blok S, di samping Salon dan boutique kecil Thalia,

4. Pempek Garuda,

Jl. Garuda,Kemayoran, Katanya sih, …Cobain deh restoran Pempek di Jl. Garuda, disana ada banyak rrestoran pempek tapi yang asli cuma 1 yaitu namanya Pempek Garuda (tulisannya ijo)

5. Pempek 161 Kelapa Gading,

Jl. Raya Boulevard Kelapa Gading, Sebelah kiri jalan kalo mau ke KGM.,

6. Sari Sanjaya,
Di Radio dalem, Kasablanka, Kelapa Gading,

7. Bobo 21,
di Taman Modern FI No. 26 Cakung, Jakarta Timur,

8. Warung Pempek,
Di depan HERO Kbn Jeruk (pas samping Drive Thru-nya Mc D),

9. Pempek Imphi,
di Jl. Otista sebelah apotik imphi,

10. Pempek 88,
di Kramat Jati, seberang Kramat Jati Plaza,

11. DELIMA Pempek Palemabang,
Jl. Duri Raya, Duri Kepa Jak-Bar,

12. Pempek Selamat,
di Airport Cengkareng Terminal keberangkatan 1 C dekat exkalator.,

13. Pempek @ bing,
di jl. Prof satrio no. 275 dan 16 c. sebelum mal ambasador atau itc kuningan,

14. Pempek musi raya,
di Jl. Raya Jatiwaringin depan pasar pondok gede,

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: